Beranda Kesehatan Tanaman Herbal yang Dapat Mencegah Covid-19 Menurut SehatQ.com

Tanaman Herbal yang Dapat Mencegah Covid-19 Menurut SehatQ.com

337
0

Kita sering mendengar semboyan mencegah lebih baik daripada mengobati. Semboyan ini tepat sekali untuk diterapkan pada kondisi seperti saat ini. Virus Covid-19 yang sudah setahun lebih menjangkit dunia tak kunjung juga kelihatan kapan pandemi ini akan berakhir.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid-19 sudah sangat sering membagikan cara pencegahan penularan Covid-19. Dengan cara menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Namun tetap saja masyarakat masih mencari alternatif lain sebagai perlindungan tambahan. Beberapa tanaman herbal banyak dipercaya mampu menambah imunitas guna melawan virus Covid-19.

Beberapa tanaman yang dianggap bisa mencegah infeksi virus corona ini belum semuanya diteliti kebenarannya secara ilmiah. Sebab covid-19 adalah penyakit yang baru, sehingga belum banyak penelitian mengenai penyakit ini. Lalu sebenarnya, apa saja tanaman herbal yang dapat mencegah Covid-19?

1. Jamu empon-empon
Sejak virus corona masuk di Indonesia, empon-empon menjadi naik daun dan banyak diburu masyarakat. Empon-empon adalah kumpulan berbagai rempah yang terdiri dari jahe merah, temulawak, kunyit, kayu manis, dan serai. Secara turun temurun, jamu tradisonal ini memang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Campuran berbagai rempah-rempah ini dianggap mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karenanya banyak orang yang mengonsumsinya untuk mencegah tertular Covid-19. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang memastikan khasiat empon-empon dapat mencegah infeksi virus corona.

2. Jeruk dan kulitnya
Terdapat sebuah penelitian bahwa jeruk beserta kulitnya dianggap mampu melawan infeksi virus corona. Penelitian ini dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI). Penelitian gabungan ini mendapati bahwa jeruk mampu melawan corona karena terdapat kandungan flavonoid berjenis hesperidin didalamnya.

Kandungan Hesperidin didalam kulit jeruk, dianggap mampu memberikan perlindungan untuk tubuh dari serangan bakteri dan virus. Untuk mencobanya adalah dengan mencampurkan parutan sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih ke dalam jus jeruk. Namun demikian, penilitan ini masih dalam tahap awal. Sehingga diperlukan riset yang lebih mendalam untuk memastikan khasit kulit jeruk dalam mencegah infeksi Covid-19.

3. Jambu biji
Tanaman herbal selanjutnya yang dipercaya dapat menangkal virus corona adalah jambu biji. Menurut tim peneliti yang sama dengan yang meneliti khasiat jeruk, jambu biji memiliki komponen yang cukup lengkap untuk melawan infeksi virus corona.

Para peneliti dari UI dan IPB tersebut, mengatakan pada jambu biji terdapat senyawa hesperidin, rhamnetin, kaempferol, kuersetin, dan myricetin. Namun seperti pada jeruk, masih diperlukan waktu lebih lama untuk bisa benar-benar memastikan kemampuan jambu biji tersebut.

4. Daun kelor
Masih dari tim peneliti gabungan yang sama, tanaman herbal selanjutnya yang diteliti adalah daun kelor. Kandungan senyawa pada daun kelor dianggap bermanfaat untuk menangkal virus corona. Namun penelitian yang dilakukan masih dalam tahap awal, sehingga bijaklah jika ingin menggunakan daun kelor sebagai penangkal virus corona.

Informasi mengenai berbagai tanaman herbal yang mampu mencegah corona selalu mencuri perhatian publik. Baik diberita nasional maupun melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp. Namun apabila anda sudah terjangkit virus corona, Anda bisa melakukan rujukan ke RS Koja.

Faskes (fasilitas kesehatan) milik pemerintah provinsi DKI Jakarta ini adalah salah satu dari ratusan rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di provinsi DKI Jakarta. Bahkan RSUD Tugu Koja sempat dikhususkan hanya untuk merawat pasien virus Covid-19 saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here