Beranda Kesehatan Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan

Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan

37
0

Seperti jenis olahraga yang lain, renang juga punya manfaat yang sangat besar untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Yang pasti olahraga ini bisa menghilangkan stress atau tekanan jiwa yang sedang mendera. Sebagaimana diketahui stress dan tekanan jiwa jika dibiarkan secara terus menerus akan menimbulkan akibat yang tidak baik bagi kesehatan fisik seseorang. Berikut ini beberapa Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan.

Mengurangi resiko serangan jantung
Untuk jantung, jika rajin melakukan olahraga ini akan membuat organ tubuh yang paling vital itu bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan normal. Detak jantung dapat bergerak lebih stabil serta mengurangi resiko terjadinya serangan penyakit yang mengarah di bagian tubuh yang ada di dalam dada ini.

Melancarkan aliran darah
Demikian pula dengan organ lain yang tidak kalah vital yaitu paru-paru. Gerakan kaki maupun tangan yang terus menerus menendang dan mendorong akan membuat aliran darah yang menuju salah satu organ pernafasan ini akan menjadi lebih lancar. Hal itu berarti olahraga renang dapat dikatakan sebagai olahraga aerobic yang dilakukan di dalam air.

Obat penyakit asma
Orang yang sedang menderita sakit asma dan gangguan pernafasan yang lain sangat dianjurkan agar mereka mau melakukan olahraga renang secara rutin setiap hari. Ini akan menjadikan sistem pernafasan dan cardiovaskular makin kuat dan hisapan udara dari hidung dan mulut bisa masuk ke dalam paru-paru secara lebih maksimal. Sehingga nafas bisa makin panjang dan tidak muncul gangguan sesak nafas lagi. Selanjutnya penyakit asma bisa ikut berkurang dan jadi sembuh.

Membuat otot semakin kuat dan lentur
Ketika berenang, maka semua bagian tubuh ikut melakukan gerakan. Mulai dari telapak kaki lalu kaki, pinggang, punggung, kemudian perut, dada, leher hingga kepala semua ikut bergerak. Jika ini berlangsung secara terus menerus maka otot tubuh akan menjadi lebih kuat namun tetap liat dan lentur.

Membentuk tubuh ideal
Bagi yang suka makan sehingga tubuhnya menjadi gemuk atau menderita obesitas, olahraga ini juga bisa membuat tubuh menjadi langsing. Penyebabnya adalah ketika berada di dalam kolam, tubuh akan menjadi lebih berat dan melakukan banyak gerakan. Maka secara otomatis gerakan ini butuh energi yang lebih tinggi. Jadi kalori yang ada di dalam tubuh bisa terus berkurang dan kegemukan pada badan bisa berkurang hingga mencapai berat badan yang ideal.

Membentuk tubuh pada anak-anak
Sedangkan untuk anak-anak dan remaja yang masih dalam masa pertumbuhan, olahraga renang bisa membuat perkembangan tubuh menjadi lebih cepat dan kuat. Bentuk tubuh jika bisa terlihat makin sempurna. Apalagi jika dilakukan secara rutin dan kontinyu, maka stamina tubuh makin sehat dan tidak mudah terkena serangan penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here