Beranda Kesehatan Fakta Unik Tentang Mata Manusia

Fakta Unik Tentang Mata Manusia

12
0

Mata adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Dengan mata kita dapat melihat dan mengetahui lingkungan apakah gelap atau terang serta untuk memberikan pengertian visual. Mata juga dilengkapi organ luar, yakni bulu mata, alis mata dan kelopak mata.

Ketiga organ tersebut berfungsi menahan keringat, menyaring cahaya yang diterima serta menutup mata sebagai bentuk perlindungan. Namun selain itu ada banyak fakta unik tentang mata manusia yang bisa kita gali. Berikut ini kami tuliskan 10 fakta unik tentang mata manusia.

1. 40 unsur utama
Tahukah anda? Bahwa mata memiliki 40 unsur utama. Kesemua unsur ini memiliki fungsi yang penting, dan mata tidak akan dapat melihat jika tidak memiliki salah satu saja dari empat puluh bagian tersebut.

2. Peranan otak
Saat ada cahaya yang mengenai mata, maka sinyal saraf terbentuk dan mengirimkannya ke otak. Hal ini untuk memberi pesan tentang keberadaan serta kekuatan cahaya yang ada sekitar. Kemudian dari otak akan mengirim balik sinyal untuk menginstruksikan seberapa otot disekitar iris mengerut.

3. Dimensi mata manusia
Setiap orang mempunyai dimensi mata yang berbeda-beda. Namun perbedaan ukuran tersebut hanya sekitar satu sampai dua milimeter saja. Ukuran vertikal yang pada umumnya kurang dari jarak horizontal untuk orang dewasa mencapai 24 mm, sedangkan pada bayi yang baru lahir sekitar 16-17 mm.

4. Pertumbuhan mata
Pada usia sekitar tiga tahun, mata manusia dapat tumbuh pesat menjadi 22,5-23 mm atau sekitar 0,89 inci dari sebelumnya hanya 0,65 inci. Mata manusia mencapai ukuran maksimum pada usia 13 tahun.

5. Volume mata
Dengan kemampuan yang luar biasa, ternyata mata hanya memiliki volume 6,5 ml (0,4 cu. In) dan memiliki berat 7,5 g atau hanya 0,25 oz).

6. Mata bukan bola
Sebenarnya tidak tepat jika mengatakan “bola mata”, karena mata merupakan potongan dua unit yang menyatu. Unit frontal lebih kecil dan melengkung, sedangkan unit besarnya adalah yang sering disebut sklera.

7. Buta warna
Fakta unik tentang mata manusia yang mengalami buta warna. Hal ini disebabkan oleh saraf respector cahaya pada retinamengalami perubahan, terutama pada sel kerucut. Sel kerucut adalah organ mata yang mempunyai kepekaan terhadap segala macam warna, sedangkan sel batang dari retina yang mempunyai kepekaan pada warna hitam putih.

8. Kedipan mata
Kedipan mata sebenarnya hanya sebuah tindakan sepele. Namun sebenarnya kedipan mata mempunyai fungsi yang sangat banyak. Tujuan utama adalah untuk membasahi muka mata yang mengering, selain itu mengedipkan mata juga bisa menggambarkan emosi dan perasaan seseorang. Biasanya orang yang sedang dalam keadaan cemas akan berkedip lebih banyak, dan jika sedang panik kedipan dilakukan lebih banyak lagi.

9. Refleks optokinetik
Kedengarannya memang asing ditelinga. Refleks optokinetik adalah kombinasi dari saccade dan gerakan pengejaran secara halus. Refleks ini dapat dilakukan, misalnya jika anda melihat keluar dari jendela kereta api yang berjalan, maka mata dapat berfokus pada sebuah gerakan kereta dalam jangka pendek sampai kereta bergerak keluar dari bidang penglihatan anda.

10. Enam otot mata
Fakta unik tentang mata manusia pada setiap mata (bukan sepasang) memiliki setidaknya enam otot yang berfungsi untuk mengontrol gerakan, yakni rektus medial, rektus inferior, rektus superior, rektus lateral, inferior oblique dan superior oblique.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here