Beranda Tekno Cara Pesan Tiket Kereta Solo Jakarta di Blibli.com

Cara Pesan Tiket Kereta Solo Jakarta di Blibli.com

32
0

Kereta Api adalah salah satu moda transportasi unggulan di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Bagi yang tidak terjangkau akan harga mahal tiket pesawat dan yang tidak tahan perjalanan jauh dengan bus, kereta api adalah alternatifnya.

Kota Solo sendiri mempunyai dua stasiun kereta api yang besar dan masih aktif sampai saat ini, yakni Solo Jebres dan Solo Balapan. Bagi Kamu warga solo dan sekitarnya yang sering berpergian ke kota lain seperti ke Jakarta secara mendadak karena sesuatu hal, sudah tidak perlu khawatir.

Sebab Kamu bisa membeli Tiket kereta solo jakarta secara mudah melalui aplikasi Blibli.com dimana saja dan kapan saja. Bagi Kamu yang belum pernah memesan tiket kereta api di Blibli.com, berikut ini panduannya.

1. Pertama tentu saja Kamu harus memiliki akun di Blibli.com, jika belum punya silahkan donwload aplikasi Blibli.com terlebih dahulu di Play Store maupun Apps Store kemudian baru membuat membuat akun.

2. Setelah membuat akun, masuk ke halaman utama dari aplikasi Blibli.com, Klik Semua, kemudian pilih Travel, Selanjutnya pilih Kereta.

3. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh membeli tike Solo Jakarta, sehingga pada bagian stasiun asal saya memilih Solo sedangkan pada stasiun tujuan saya memilih Jakarta. Kamu juga diberi opsi untuk memilih tanggal pulang dan tanggal pergi.

Tetapi kali ini hanya akan saya contohkan untuk satu perjalanan saja sehingga tombol Pulang Pergi tidak saya aktifkan. Selanjutnya Kamu mengisi jumlah penumpang, dimana untuk anak usia diatas tiga tahun dianggap dewasa, sedangkan untuk anak usia dibawah tiga tahun dianggap bayi.

Untuk penumpang ditas tiga tahun diwajibkan untuk membeli tiket tersendiri, sedangkan untuk bayi dihitung gratis. Setelah stasiun asal, stasiuan tujuan, tanggal pergi, dan jumlah penumpang sudah diisi semua selanjutnya klik Cari.

4. Selanjutnya adalah memilih kereta sesuai dengan jam keberangkatan yang diinginkan, memilih jenis kelas kereta (ekonomi, eksekutif), memilih stasiun keberangkatan dan memilih stasiun tujuan. Kenapa harus memilih stasiun keberangkatan, sebab solo sendiri punya dua stasiun besar yakni Solo Jebres dan Solo Balapan.

Begitu juga dengan stasiun tujuan, Jakarta sendiri mempunyai tiga stasiun utama yang menjadi stasiun untuk perjalanan kereta api antar kota dan antar provinsi yakni Stasiun Jatinegara, Stasiun Senen dan Stasiun Gambir. Sehingga pilih stasiun keberangkatan yang terdekat dari rumah dan stasiun tujuan terdekat dengan tempat tujuan Kamu.

5. Selanjutnya mengisi data pemesanan dengan mengisi nama lengkap, nomor hp, alamat email dan nomor KTP / SIM / Paspor, jika sudah terisi maka klik simpan. Selanjutnya muncul ringkasan pengisian berupa data yang telah Kamu inputkan baru saja. Ketika sudah berada di tahap ini Kamu bisa langsung masuk ke pembayaran atau memilih opsi ganti kursi.

6. Apabila Kamu memilih opsi ganti kursi, Kamu dapat memilih gerbong serta tempat duduk yang Kamu inginkan. Dengan catatan tempat duduk tersebut belum dipilih orang lain atau dengan kata lain kursi masih dapat dipilih. Selanjutnya adalah masuk ke pembyaran, terdapat banyak pilihan metode pembayaran mulai dari virtual account, kartu kredit, internet banking, bayar di gerai (alfamart, indomaret), hingga uang elektronik seperti DANA, OVO, Gopay dan LinkAja.

Pilih metode pembayaran bebas sesuai yang Kamu inginkan. Segera lakukan pembayaran tersebut karena pemesanan ini terdapat batas akhir pembayarannya, apabila Kamu melewati batas pembayaran maka Kamu harus mengulangi proses pembelian tiket dari awal lagi.

Bagi Kamu yang berpergian dari kota satu ke kota lain menggunakan moda transportasi kereta api dimasa pandemi seperti ini, jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku. Jangan lupa jaga jarak dengan penumpang lain, selalu pakai masker dan selalu bawa hand sanitizer didalam tas bawaan kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here