Beranda Kesehatan Cara Mencegah Jantung Koroner Ala SehatQ.com

Cara Mencegah Jantung Koroner Ala SehatQ.com

142
0

Penyakit Jantung koroner adalah kondisi ketika timbunan lemak menyumbat pembuluh darah jantung (arteri koroner). Apabila timbunan lemak semakin menumpuk maka arteri semakin menyempit. Akibatnya aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke jantung menjadi berkurang.

Berkurangnya aliran darah mengakibatkan sakit dibagian dada. Banyak penderita yang tidak menyadari gejala yang dialami, sampai terjadinya penyempitan yang signifikan atau bahkan terkena serangan jantung.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena penyakit jantung koroner. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah penyakit jantung koroner dikutip dari SehatQ.com.

1. Berhenti merokok
Merokok adalah kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan, banyak penyakit disebabkan akibat perilaku merokok baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh merokok adalah penyakit jantung koroner. Risiko menderita penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan yang bukan perokok.

Risiko ini berbanding lurus dengan bertambahnya usia dan jumlah rokok yang dihisap setiap harinya. Risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dapat berkurang hingga 50 persen pada tahun pertama ketika sesudah berhenti merokok.

2. Berhenti konsumsi minuman beralkohol
Sama seperti merokok, mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya berbahaya untuk kesehatan liver, doyan minum alkohol juga berisiko tinggi mengalami serangan jantung.

Menurut publikasi oleh Journal of the American Heart Association, minum alkohol berhubungan dengan percepatan umur pembuluh darah arteri. Semakin sering dan banyak minum alkohol, usia pembuluh darah arteri bertambah tua dengan cepat.

Akibatnya, pembuluh darah arteri memiliki tingkat elastisitas yang kurang baik seperti sebelumnya. Pembuluh darah arteri yang kaku mengakibatkan jantung bekerja ekstra keras, yang meningkatkan risiko seseorang mengalami serangan jantung.

3. Konsumsi makanan rendah lemak, kurangi garam dan perbanyak buah-buahan
Memperbanyak konsumsi makanan bertinggi serat, seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, kurangi konsumsi garam pada makanan serta menghindari makanan dengan kadar tinggi lemak.

4. Sering melakukan aktivitas fisik
Kombinasi pola makan sehat dengan olahraga rutin dapat menjaga berat badan yang ideal. Selain itu, olahraga rutin dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah supaya tetap normal.

Luangkan waktu minimal 150 menit dalam seminggu, untuk melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Misalnya dengan jogging 30 menit setiap harinya. Selain jogging, Anda juga bisa melakukan aktivitas fisik dengan senam jantung, atau renang untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Kontrol kondisi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes
Cara mencegah penyakit jantung koroner yang lain adalah dengan rutin menjalani pemeriksaan gula darah dan kolesterol secara rutin, yakni setiap dua tahun. Untuk pasien yang mempunyai riwayat hipertensi dan penyakit jantung, pemeriksaan lebih rutin akan disarankan. Dengan rutin melakukan pemeriksaan, penyakit jantung koroner dapat dideteksi lebih dini. Sehingga akan mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan tepat sedini mungkin

6. Kurangi dan kontrol stres
Sudah menjadi rahasia umum apabila stres memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia, tak terkecuali bagi kesehatan organ jantung. Stres diketahui menjadi salah satu faktor risiko untuk penyakit arteri koroner seperti kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut berperan dalam perkembangan penyakit jantung.

Sehingga perlu kiranya untuk kontrol tingkat stres dengan baik, misalnya dengan melakukan relaksasi otot atau latihan pernapasan dalam.

Itu tadi beberapa cara mencegah terjadinya penyakit jantung koroner menurut SehatQ.com. Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai macam penyakit yang lain, dapat dengan mengakses laman Direktori Penyakit dari website SehatQ.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here