Beranda Kesehatan Beberapa Tanda-Tanda Depresi Ringan Yang Umum Terjadi

Beberapa Tanda-Tanda Depresi Ringan Yang Umum Terjadi

18
0

Tanda-tanda depresi sebaiknya dikenali sejak awal agar bisa ditangani segera. Depresi merupakan keadaan di mana seseorang akan merasa tertekan, hatinya bersedih dan selalu murung. Depresi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Permasalahan yang sedang dihadapi, baik di lingkungan keluarga, sosial, hingga pekerjaan. Selain itu, depresi bisa juga disebabkan karena ketidakmampuan seseorang mengatasi rasa sedih yang berkepanjangan akibat ditinggal seseorang yang dicintai, misalnya.

Terdapat berbagai macam tanda-tanda depresi. Depresi yang terjadi dalam waktu sementara dan bisa hilang dengan waktu yang cepat merupakan depresi ringan. Jika depresi ringan tidak segera diatasi, maka beresiko menjadi depresi berat di mana penderita membutuhkan perawatan medis yang intensif.

Kesehatan yang menurun
Tanda-tanda depresi yang ditunjukkan karena kesehatan mulai menurun sering kali tak kita sadari. Pada dasarnya, tanda-tanda depresi berawal dari respon tubuh kita terhadap depresi yang ditunjukkan oleh beberapa keluhan kesehatan yang sepele. Orang yang sedang mengalami masalah cenderung merasa pusing, mual, hingga muntah. Kondisi ini merupakan tanda-tanda depresi awal.

Selain itu, tanda depresi pada kesehatan juga bisa ditunjukkan dengan kondisi tubuh yang melemah, nafsu makan berkurang, sehingga berat badan mulai menurun. Pada banyak orang, tanda-tanda yang sering muncul juga ketika seseorang berkeringat lebih. Rambut rontok juga bisa menjadi tanda-tanda depresi yang mungkin muncul.

Kondisi mood yang labil
Depresi berasal dari hati dan pikiran yang mempengaruhi kondisi psikis seseorang. Anda pasti tahu bahwa gelisah, marah, murung, merupakan tanda-tanda depresi yang sering kali muncul. Penderita depresi cenderung mengalami mood yang tidak baik. Perasaan tidak nyaman ini akan membuat orang yang mengalami depresi sering kali marah-marah tanpa alasan yang pasti, mengurung diri, gelisah, dan lain sebagainya.

Insomnia
Tanda-tanda stress yang juga sering muncul adalah insomnia. Insomnia merupakan gangguan di mana seseorang sulit tidur di malam hari atau terbangun dan kemudian sulit tidur lagi. Orang yang mengalami insomnia biasanya memikirkan masalah yang dihadapinya sehingga kualitas tidur berkurang.

Kehilangan memori
Pada beberapa orang, kehilangan memory merupakan tanda-tanda depresi. Seseorang yang mengalami depresi cenderung tidak fokus sehingga tidak bisa mengingat kejadian-kejadian yang pernah dialami beberapa waktu sebelumnya.

Waspadai tanda-tanda depresi sejak dini. Segera istirahatkan tubuh dan pikiran anda menjauhi masalah sejenak. Lakukan berbagai cara untuk menjernihkan pikiran dan berbagi pada orang lain tentang masalah anda. Jika depresi ringan ini tidak segera ditangani, anda akan mendapatkan tanda-tanda depresi yang lebih berat.

Jika ada tanda-tanda lain, seperti mulai menarik diri dari lingkungan, berhalusinasi sehingga berteriak atau berperilaku aneh, dan memiliki keinginan untuk bunuh diri, anda harus segera pergi ke psikiater atau dokter untuk memeriksakan kondisi anda. Kenali tanda-tanda depresi agar anda bisa segera mengatasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here