Beranda Kesehatan 8 Tips Sederhana Supaya Umur Panjang

8 Tips Sederhana Supaya Umur Panjang

13
0

Setiap orang selalu bermimpi memiliki umur panjang. Akan tetapi keinginan tersebut bisa menjadi hal yang tidak realistis bila anda tidak mengimbanginya dengan gaya hidup yang sehat. Sebenarnya anda bisa menerapkan trik yang sederhana untuk memperpanjang umur.

Anda tidak perlu melakukan hal yang muluk-muluk sebab banyak tertawa, yoga dan latihan fisik adalah beberapa cara yang bisa anda coba supaya hidup lebih sehat dan umur anda lebih panjang. Mau tahu apa saja tips lengkap supaya anda memiliki umur panjang? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Olahraga
Olahraga perlu dibiasakan setiap hari. Dengan berolahraga baik itu berenang, bersepeda, jalan santai ataupun jogging, sistem metabolisme di dalam tubuh semakin lancar dan pikiran lebih tenang. Jangan pernah anda menyepelekan latihan fisik ini. Lakukan secara rutin untuk merasakan manfaatnya bagi tubuh.

2. Banyak tertawa
Tertawa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Saat ini banyak sekali terapi tertawa yang ditawarkan oleh klinik kesehatan tertentu untuk membuat pasiennya merasa bahagia. Stres, rasa cemas, depresi dan beban pikiran yang menghimpit bisa hilang dengan sendirinya setelah tertawa. Anda pun akan semakin merasakan kebahagiaan dan kegembiraan.

3. Tidak merokok
Rokok mengandung sedikitnya 2000 racun yang siap mengancam jiwa anda kapan saja. Dengan tidak merokok anda bisa menjaga kesehatan tubuh dari racun-racun yang berbahaya. Ada baiknya bila anda mulai berhenti merokok dari sekarang bila ingin umur panjang.

4. Berpikiran positif
Biasakan untuk selalu berpikiran positif terhadap segala sesuatu yang anda alami baik itu dalam bentuk musibah dan anugerah. Berpikiran negatif bisa membuat jiwa anda tak tenang yang bisa memicu timbulnya penyakit dalam tubuh. Stres berkepanjangan akibat pikiran negatif bisa membuat tubuh anda lemah dan sistem metabolisme menurun.

5. Istirahat cukup
Tidur adalah jenis istirahat yang paling baik. Pastikan anda tidur 6 sampai 7 jam setiap harinya. Tidur saat malam hari ini sangat penting sebab tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak. Bila anda tidak bisa memenuhi kebutuhan tidur, tubuh akan rentan terkena penyakit akibat kelelahan.

6. Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur harus selalu menjadi menu utama dalam santapan sehari-hari anda di rumah. Keduanya mengandung banyak serat, vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam. Anda bisa mengolahnya menjadi beragam masakan supaya tidak membosankan untuk dikonsumsi.

7. Belajar santai
Usahakan untuk menghentikan kebiasan anda yang selalu terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu. Belajarlah untuk selalu santai dan rileks supaya jiwa dan pikiran selalu tenang. Bila anda adalah tipikal orang yang tidak bisa santai, ikuti saja kelas meditasi ataupun yoga.

8. Cek berat badan
Berat badan yang berlebihan bisa memicu timbulnya penyakit baik itu sakit jantung maupun diabetes. Selalu cek berat badan anda secara berkala paling tidak satu bulan sekali. Dengan olahraga yang teratur dan diet yang sehat, berat badan normal bisa dipertahankan dan kemungkinan memiliki umur panjang semakin besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here