Beranda Kesehatan 7 Ciri-Ciri Penderita Skizofrenia

7 Ciri-Ciri Penderita Skizofrenia

67
0

Kenali ciri-ciri skizofrenia dengan baik untuk menghindari dan mendeteksi penyakit mental ini dengan baik. Skizofrenia adalah salah satu penyakit yang belum bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Penyakit ini memang langka, tapi bukan hal yang mustahil bila salah satu keluarga, kerabat, ataupun temen dekat anda ada yang mengidap skizofrenia. Berikut ini adalah 7 ciri-ciri skizofrenia yang perlu anda ketahui untuk mendeteksi gangguan psikis ini:

1. Halusinasi
Halusinasi sering dialami oleh mereka yang mengidap skizofrenia. Halusinasi sendiri bersumber pada otak dan bisa berupa pendengaran dan penglihatan. Si penderita akan merasa melihat, mendengar dan merasakan sesuatu hal yang sebenarnya tidak terjadi dalam kehidupan nyata dan hanya ada dalam bayangan si penderita.

2. Disorganisasi
Disorganisasi adalah salah satu tanda skizofrenia yang sering ditemui. Bila anda bercerita dengan si penderita maka yang terjadi adalah sebuah kebingungan. Kondisi ini disebabkan si penderita tidak mampu mengendalikan dan memahami perilaku motoriknya. Mereka akan kesulitan untuk mengikut topik pembicaraan dan reaksi yang diberikan pun selalu menyimpang dari topik tersebut.

3. Pendataran Afek
Mereka yang mengidap skizofrenia akan mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan antara perilaku dengan reaksi emosional yang ditunjukkan kepada orang lain.

4. Delusi
Delusi adalah ciri-ciri skizofrenia yang ditandai dengan khayalan yang tidak nyata. Misalnya si penderita mengganggap dirinya adalah orang yang sukses dan berpengaruh dalam masyarakat. Acapkali ia juga merasakan ketakutan yang hebat pada sesuatu yang tidak nyata. Dalam kehidupan sosial pun si penderita seringkali menaruh prasangka buruk pada orang lain tanpa alasan yang jelas akibat dari ketakutan yang dirasakan tersebut. Si penderita juga tidak mampu berpikir secara rasional.

5. Alogia
Mereka yang menderita skizofrenia juga bisa dideteksi melalui jumlah kata yang sering diucapkan saat terlibat dalam sebuah pembicaraan bersama teman ataupun keluarga. Seringkali mereka tidak tertarik untuk ikut mengobrol. Bila ditanya oleh orang lain, jawaban yang diberikan relatif singkat dan pendek, namun jawaban yang diberikan tersebut acapkali tidak sesuai dengan apa yang ada pada pikiran si penderita.

6. Avolisi
Mereka yang mengidap skizofrenia cenderung menjadi orang yang pemalas. Kondisi ini disebabkan keadaan pelaku tidak sanggup untuk menjalani kegiatan yang sedang ia laksanakan sampai tuntas.

7. Anhedonia
Anhedonia adalah salah satu ciri-ciri skizofrenia yang perlu diwaspadai. Si penderita cenderung bersedih dan hanyut dalam perasaannya sendiri sehingga ia tidak ambil pusing dengan kegiatan sehari-hari. Kondisi ini disebabkan oleh tidak adanya kebahagiaan yang ia rasakan dalam hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here