Beranda Kesehatan 6 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh

61
0

Manfaat daun mint tidak hanya terbatas sebagai penghias minuman dan makanan. Anda juga bisa memanfaatkan daun ini sebagai obat untuk mengatasi penyakit ringan seperti perut kembung, flu dan mual di pagi hari. Tumbuhan ini sering digunakan sebagai pelengkap dalam berbagai produk mulai dari pasta gigi, makanan, minuman hingga permen karet.

Bila anda membeli daun mint segar, pastikan untuk segera menggunakan daun tersebut. Jika tidak, anda perlu menyimpannya di dalam kulkas. Berikut ini adalah 6 manfaat daun mint untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit ringan.

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Perut yang sehat menandakan bahwa anda memiliki sistem pencernaan yang kuat. Daun mint bisa digunakan untuk merawat bagian-bagian penting dari sistem pencernaan sebab kandungan mentholnya mampu menenangkan otot di sekitar perut. Beberapa masalah pencernaan seperti perut mulas, perut nyeri, buang air besar, perut kembung dan iritasi pada usus bisa dihindari dengan baik.

2. Dekongestan ringan
Manfaat daun mint juga terletak pada efeknya sebagai dekongestan ringan bagi tubuh. Aroma dan rasa daun mint memang agak tajam, namun bermanfaat untuk meringankan gejala flu biasa. Kemacetan pada tenggorokan, hidung, paru-paru dan saluran pernafasan lainnya bisa teratasi dengan baik dengan menghirup aroma daun mint. Jadi jangan heran bila daun mint sering digunakan sebagai inhaler karena bisa mengatasi dahak dan lendir secara efektif.

3. Menyehatkan sistem perkemihan
Daun mint dikenal sebagai diuretik alami. Sistem perkemihan dan fungsi ginjal bisa berjalan dengan baik bila tubuh bisa meluruhkan air seni dengan lancar.

4. Mengatasi rasa mual
Bagi anda wanita yang sedang hamil, mungkin anda akan merasakan morning sickness atau rasa mual di pagi hari. Anda tinggal menyeduh daun mint pada secangkir air hangat untuk meredakan rasa mual tersebut. Tidak hanya itu, wanita yang sedang dalam siklus mentruasi juga bisa menggunakan seduhan daun mint untuk menenangkan otot-otot perut sehingga kram pada perut bisa dicegah dengan baik.

5. Menenangkan pikiran
Bila anda saat ini sedang dirundung masalah yang cukup pelik, tenangkan dulu pikiran anda sehingga bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan cara yang efektif dan efisien. Anda bisa membuat pikiran lebih rileks dengan memilih pengharum ruangan aroma mint. Semprotkan di kamar mandi sekalian anda berendam menggunakan air hangat, bila perlu anda juga bisa menyalakan lilin aromatherapy.

6. Mencegah kanker
Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan, daun mint bisa dimanfaatkan untuk mencegah terbentuknya sel-sel abnormal pada paru-paru, usus dan kulit. Manfaat daun mint ini bisa didapat karena kandungan alcohol perilyl.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here