Beranda Kesehatan 6 Makanan Yang Membuat Tidur Nyenyak

6 Makanan Yang Membuat Tidur Nyenyak

43
0

Banyak orang yang merasa jika kwalitas tidurnya tidak baik karena tidak bisa pulas dan nyenyak. Sumber permasalahannya bermacam-macam. Ada yang karena stress menghadapi tekanan kerja, sedang terganggu kesehatannya atau kondisi kamar yang tidak nyaman dan lain-lain.

Jika tidak segera diatasi, problem tidak dapat tidur nyenyak ini bisa memunculkan masalah kesehatan yang baru. Salah satu penyelesaiannya adalah makan jenis makanan yang bisa memberi efek tidur jadi nyenyak. Berikut ini beberapa makanan yang membuat tidur nyenyak.

1. Pisang
Adapun jenis makanan yang membuat tidak jadi nyenyak misalnya pisang. Di dalamnya terdapat suatu kandungan yang namanya tryptophan serta melatonin. Keduanya bisa membuat perasaan jadi lebih nyaman dan tenang sehingga tidur menjadi pulas. Magnesium yang ada di dalamnya membuat otot tidak terlalu tegang.

2. Keju
Keju punya kandungan asam amino tritofa yang cukup tinggi dan bisa dijadikan obat orang yang merasa kesulitan untuk tidur. Karena ketika sudah masuk ke dalam tubuh dua kandungan ini bisa menghasilkan hormon serotin dan melatonin. Hormon inilah yang membuat perasaan jadi lebih santai dan nyaman. Kondisi jiwa seperti ini membuat tidur jadi nyenyak.

3. Susu
Banyak orang yang mengira bahwa pendapat yang menyatakan susu bisa membuat tidur nyenyak hanyalah mitos belaka. Padahal ini merupakan fakta yang sebenarnya. Karena dengan minum susu hangat satu gelas saja, pikiran yang menjadi lebih tenang dan tidak tegang lagi. Maka ketika mau tidur, orang yang baru saja minum susu bisa mendapat kepulasan yang maksimal.

4 Madu
Lebih sempurna lagi jika susu ini dicampur dengan madu. Atau bisa juga madu ini dicampurkan pada minuman lain misalnya teh. Jika suka dengan roti tawar, makanan bersama madu di waktu malam. Selain rasanya jadi lebih nikmat dan lezat, madu mampu menjadikan tubuh dan pikiran jadi lebih santai dan menghilangkan perasaan was-was. Sehingga tidur yang sudah nyenyak akan bertambah semakin pulas.

5. Kentang
Demikian pula halnya dengan kentang. Banyak orang merasa takut makan kentang pada waktu malam sebab mereka berpikir jika kentang bisa membuat badan mudah gemuk. Pola pikir seperti ini adalah anggapan yang salah karena kentang tidak membuat lambung jadi penuh. Justru dari kentang inilah sistem kerja pencernaan bisa berjalan baik sehingga tidur bisa menjadi nyenyak.

6. Daging Kalkun
Meski kurang begitu populer di Indonesia, daging kalkun sebenarnya juga bisa membantu orang yang tidurnya tidak bisa nyenyak. Tapi porsinya harus dibatasi jika dikonsumsi di waktu malam. Jika terlalu banyak akan membuat sistem pencernaan harus bekerja lebih keras. Hal ini membuat orang yang sebelumnya sudah mengantuk jadi hilang rasa kantuknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here