Beranda Kesehatan 5 Gangguan Kesehatan Tanda Anda Sedang Stres Berat

5 Gangguan Kesehatan Tanda Anda Sedang Stres Berat

13
0

Stres berat bisa ditandai dengan berbagai gangguan kesehatan. Saat anda merasa tertekan dan stres, jangan pernah abaikan gejalanya supaya tidak semakin parah. Keluhan seputar stres ini bisa terjadi karena beragam penyebab mulai dari susahnya mengurus si kecil, keuangan keluarga, pekerjaan yang menumpuk di kantor hingga putus cinta.

Banyak orang mengganggap stres adalah masalah kesehatan ringan karena mereka hanya berpikir bahwa penyakit selalu menyerang fisik. Perlu diketahui bahwa stres kronis yang dirasakan bisa berpengaruh pada menurunnya daya tahan fisik. Berikut ini kami sampaikan beberapa gangguan kesehatan yang dialami oleh mereka yang memiliki stres berat.

1. Sistem kekebalan tubuh melemah
Salah satu tanda stres kronis yang perlu anda waspadai adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Saat anda stres, maka tubuh akan melepaskan catecholemines. Bila pelepasan hormon ini terjadi pada waktu yang cukup lama, maka kemampuan hormon untuk menjaga sistem kekebalan tubuh akan semakin berkurang. Bila anda stres anda tidak ingin imunitas mengalami penurunan, berolahragalah selama 30 menit saja setiap harinya.

2. Mimisan
Belum ada kepastian yang menyebutkan apakah mimisan benar-benar diakibatkan oleh stres atau tidak. Akan tetapi beberapa penelitian menyatakan bahwa pasien yang mimisan sedang dalam kondisi stres berat. Saat anda stres, akan terjadi peningkatan pada tekanan darah sehingga mimisan kerap dialami. Untuk mencegah timbulnya mimisan, anda bisa “mengkonsumsi teh hijau” ataupun chamomile sehingga tekanan darah tetap stabil.

3. Rambut rontok
Penyebab rambut rontok sangat beragam mulai dari penggunaan produk perawatan rambut yang tak cocok hingga stres. Kondisi rambut rontok yang dipicu oleh stres disebut dengan alopecia areata. Bila stres yang anda rasakan cukup parah, bisa jadi anda mengalami telogen effluvium. Kondisi rambut yang satu ini cukup ekstrim sebab hampir 70 persen rambut mengalami kerontokan.

4. Mudah lupa
Mudah lupa adalah tanda-tanda stres berat yang bisa anda alami. Bila saat ini anda tidak bisa mengingat secara terperinci apa saja hal-hal yang baru saja anda lakukan sebelumnya, bisa jadi stres yang anda alami sudah pada titik kulminasi. Kondisi ini diakibatkan oleh menurunnya kemampuan otak untuk mengingat. Cara yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan pelik ini adalah dengan menyelesaikan akar permasalahan yang membuat anda stres.

5. Muntah
Rasa cemas dan stres bisa menyebabkan anda mual dan muntah. Gangguan kesehatan ini pada umumnya terjadi pada waktu yang sama setiap harinya. Atasi saja stres berat dengan cara memperbanyak konsumsi air putih dan istirahat yang cukup. Bila perlu lakukan yoga tanpa meditasi supaya perasaan dan pikiran anda lebih tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here