Beranda Kesehatan 5 Cara Mengobati Gigitan Serangga Dengan Bahan Dapur

5 Cara Mengobati Gigitan Serangga Dengan Bahan Dapur

19
0

Ada beragam cara mengobati gigitan serangga yang bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan rumah tangga yang terdapat di rumah. Serangga baik itu lebah, nyamuk ataupun semut bisa menggigit anda kapanpun dan dimanapun. Kebanyakan orang akan langsung menggaruk bekas gigitan tersebut karena rasa gatal yang tak tertahankan. Hentikan kebiasaan tersebut.

Racun yang dikeluarkan saat terjadinya gigitan bisa jadi malah menyebar ke area kulit lainnya sehingga rasa gatal yang ditimbulkan semakin parah. Ada baiknya bila anda menyimak lima cara mengobati gigitan serangga dengan menggunakan bahan dapur berikut ini.

1. Oleskan Minyak Esensial
Khasiat minyak esensial untuk mengobati beragam masalah kulit sudah sejak dulu dikenal masyarakat. Minyak essensial dari jenis daun teh, astringent, cedar dan lavender cocok digunakan untuk menyembuhkan bekas luka akibat gigitan nyamuk. Bila saat ini anda sedang kehabisan stok minyak esensial di rumah, pergi saja ke dapur dan ambil beberapa biji lembar daun kemangi. Tumbuk hingga lembut dan balurkan pada luka.

2. Produk Kecantikan
Beberapa jenis produk kecantikan bisa anda manfaatkan untuk mengobati luka akibat gigitan serangga, misalnya bedak dan lotion. Namun pilih produk yang memang diformulasikan khusus untuk menyembuhkan rasa gatal seperti orajel, calamine lotion, balsam, caladryl, bedak gatal, dan krim Benadryl.

3. Gunakan Cotton Bud
Gigitan yang tajam pada kulit akibat semut ataupun nyamuk bisa anda atasi dengan mengoleskan cotton bud yang telah ditetesi alkohol, madu, cat kuku ataupun obat kumur. Bila anda ingin cara yang lebih simple, cukup tempelkan kantong teh hangat pada kulit yang terluka.

4. Gunakan Isi Dapur
Cara mengobati gigitan serangga selanjutnya adalah dengan membongkar isi dapur. Anda bisa menggunakan sabun kering ataupun sabun batangan untuk membersihkan bagian kulit yang terluka. Keringkan terlebih dahulu sebelum anda mengoleskan alkohol. Gunakan perban untuk menutup luka. Bila anda tidak memiliki bahan-bahan tersebut, tak perlu putus asa, buka isi lemari es dan ambil sebongkah kecil es batu. Oleskan pada luka untuk meringankan rasa gatal yang dialami.

5. Obati dengan Salep Buatan Sendiri
Bila anda digigit serangga malam-malam dan tak ada waktu untuk membeli salep di apotek, buat saja sendiri di rumah. Anda beberapa cara mengobati gigitan serangga yang bisa anda coba mulai dari campuran aspirin dengan alkohol, baking soda dengan air, dan aspirin dengan air. Oleskan saja pada daerah yang terinfeksi. Jangan lupa untuk memastikan bahwa racikan tersebut benar-benar sudah berbentuk pasta sebelum anda membalurkannya pada luka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here