Beranda Kesehatan 3 Kebiasaan Baik yang Tidak Sepenuhnya Baik

3 Kebiasaan Baik yang Tidak Sepenuhnya Baik

16
0

Kebiasaan baik tidak selalu membuahkan hasil yang baik pula. Kadangkala persepsi baik menurut orang awam ini tidak sepenuhnya benar bila dipandang dari segi kesehatan. Banyak yang melakukan gaya hidup yang baik seperti selalu menyikat gigi seusai makan dengan harapan bahwa gigi dan gusi selalu sehat dan kuat.

Namun tak jarang kebiasaan ini justru tidak baik bila tidak dilakukan dalam waktu yang tepat. Bila anda penasaran dengan kebiasaan baik yang tidak sepenuhnya baik ini, simak pembahasannya sebagai berikut.

1. Membersihkan gigi setelah makan
Bila anda menonton iklan pasta gigi di televisi, pastinya anda selalu menemukan anjuran untuk selalu membersihkan gigi sehabis makan. Kebiasan baik semacam ini tentu saja perlu ditanamkan pula kepada anak-anak sedari dini. Akan tetapi, anjuran ini tidak sepenuhnya bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi anda.

Mengapa? Setelah anda mengkonsumsi makanan yang manis dan asam, enamel pada gigi akan melunak. Menggosok gigi beberapa saat setelah makan bisa membuatnya rusak karena enamel tersebut memerlukan waktu untuk mengeras. Paling tidak anda perlu menunggu 30 menit untuk menggosok gigi supaya enamel gigi bisa kembali ke keadaan semula.

2. Tidur malam delapan jam
Banyak yang mengatakan bahwa supaya tubuh lebih sehat anda perlu tidur 8 jam sehari. Bila kita kembali ke masa lalu, nenek moyang kita jarang sekali yang tidur 8 jam sehari. Rata-rata mereka hanya tidur 6 jam di malam hari. Saat siang hari, mereka akan menyempatkan diri untuk tidur sejenak paling tidak 30 menit supaya badan terasa lebih segar.

The Cancer Prevention Study II dalam studinya terhadap 1 juta orang dewasa menemukan bahwa mereka yang tidur 6 sampai 7 jam per hari memiliki tingkat kematian yang lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang selalu tidur 8 jam saat malam hari.

3. Mandi terlalu bersih
Menjaga kebersihan badan itu harus, namun pastikan bila anda tidak berlebihan. Banyak orang yang sengaja mandi dengan air panas. Tak lupa mereka juga menggosok kulit dengan lofah dan sabun secara berlebihan. Hal ini tidak baik sebab minyak alami yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit bisa hilang.

Akibatnya kulit anda akan mengalami pecah-pecah, infeksi dan kekeringan. Bila anda ingin melakukan kebiasaan baik dalam hal membersihkan tubuh lebih baik gunakan air dingin untuk mandi dengan sabun secukupnya supaya kotoran, debu, dan minyak yang ada di badan bisa menghilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here